223 KETUA PA SUWAWA TURUT PADAMKAN API DI KANTOR SEMENTARA PA SUWAWA

Kegiatan Pengadilan

KETUA PA SUWAWA TURUT PADAMKAN API DI KANTOR SEMENTARA PA SUWAWA

simulasi damkar1
Sosialisasi penggunaan tabung APAR oleh Damkar Kab. Bone Bolango

Suwawa | pa-suwawa.go.id (6/10)

Sebanyak 2 regu Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone Bolango mendatangi kantor sementara Pengadilan Agama Suwawa dan langsung bergegas mencari titik api. Sejumlah pegawai yang berada seputaran kantor PA Suwawa membantu melakukan evakuasi kepada para pihak yang berperkara yang kebetulan berada disekitar titik api dan dikumpulkan pada satu titik kumpul untuk menunggu proses evakuasi selanjutnya.

Inilah skenario tim pemadam kebakaran Kabupaten Bone Bolango saat memberikan simulasi pemadaman api yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Suwawa. Dalam pelaksanaan simulasi, Damkar Kabupaten Bone Bolango memberikan petunjuk penanganan pertama Ketika terjadi kebakaran dan memberikan contoh penggunaan tabung alat pemadam api ringan (APAR).

Ketua PA Suwawa H. Amirudin Hinelo, S.Ag. yang sejak awal mengikuti prosesi simulasi ini, mengingatkan betapa pentingnya pengetahuan tentang tata cara penanganan diawal sebelum terjadi kebakaran yang besar. “Jangan panik, tetap tenang dan segera padamkan api menggunakan karung basah atau kain yang telah direndam di air”, ungkap Amirudin.

simulasi damkar2
Ketua PA Suwawa saat mencoba memadamkan api menggunakan tabung APAR

Senada dengan yang diutarakan Ketua PA Suwawa, ketua regu Damkar Kabupaten Bone Bolango mengatakan pada intinya penanganan pertama jangan panik bila api masih relatif kecil. “Padamkan menggunakan pasir, kain basah atau karung. Tetapi bila api terlanjur membesar, segera evakuasi diri dan orang terdekat, evakuasi dokumen-dokumen penting dan mencari tempat yang aman. (Humas PA Suwawa)