203 HATIBINWASDA PTA GORONTALO BEBERKAN HASIL TEMUAN VIA DARING

Kegiatan Pengadilan

HATIBINWASDA PTA GORONTALO BEBERKAN HASIL TEMUAN VIA DARING

vidcon1 pengawasan

Suwawa | pa-suwawa.go.id (17/6)

Setelah sepekan melakukan pengawasan virtual di Pengadilan Agama Suwawa, Hatibinwasda Bersama tim pengawas PTA Gorontalo melakukan ekspose hasil pengawasan yang dilakukan via daring menggunakan sebuah aplikasi video conference. 

Sebelum mengekspose hasil temuan pengawasan, Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H. M.Hum., memberikan pembinaan singkat yang berkenaan dengan pelayanan publik di Pengadilan Agama Suwawa. terutama maklumat pelayanan yang telah dikirimkan oleh PTA Gorontalo agar di pasang dan ditempatkan di tempat-tempat yang mudah di akses oleh masyarakat.

“Dalam mendukung program Ditjen Badilag tentang Kebersihan, Keindahan dan Kerapian (K3), saya meminta kepada pimpinan Pengadilan Agama Suwawa agar senantiasa menjaga dan menjalankan program K3 ini dan oleh karena PA Suwawa merupakan salah satu Pengadilan yang terdekat dengan ibukota, sehingga bukan tidak mungkin akan menjadi salah satu yang akan dikunjungi oleh pejabat-pejabat dari Mahkamah Agung”, tegas KPTA Gorontalo.

Lebih lanjut Ibrahim Kardi meminta kepada kepada seluruh aparatur PA Suwawa agar selalu menjaga kedisiplinan baik itu absen masuk dan absen pulang. Terutama di masa pandemi ini agar tetap memberlakukan standar protocol Covid 19 sesuai ketentuan yang berlaku, baik untuk pegawai dan masyarakat yang mengunjungi kantor Pengadilan.

Diakhir pembinaannya, kpta Gorontalo memberikan spirit kinerja kepada seluruh pegawai agar meningkatkan kinerja SIPP yang saat ini masih bergelut di urutan menengah kebawah.

 

Temuan Kinerja SIPP Menurun

vidcon2 pengawasan

Salah satu yang menjadi temuan hatibinwasda PTA Gorontalo yang dibeberkan oleh Hakim Tinggi Dr. Hj. Harijah D., M.H. adalah rendahnya capaian kinerja SIPP PA Suwawa yang sebelumnya pernah bertengger di posisi 13 nasional. Selain itu masih ditemukan oleh tim pengawas adanya kekeliruan dalam pembuatan SOP serta adanya kesalahan-kesalahan pada administrasi perkara yang dianggap penting dan perlu mendapat perhatian.

Menanggapi turunnya rangking PA Suwawa yang hampir mencapai juru kunci, Ketua Pengadilan Agama Suwawa H. Amirudin Hinelo, S.Ag mengatakan bahwa semula kinerja SIPP PA Suwawa telah berjalan dengan baik akan tetapi setelah adanya pandemi Covid 19 membuat realisasi penyelesaian perkara Isbath Nikah Terpadu menjadi terhenti sementara, Sehingga capaian kinerja SIPP terpengaruhi dengan mandeknya perkara tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut diungkapkan KPA Suwawa, ia telah mengambil Langkah-langkah untuk menaikan kembali rapor SIPP PA Suwawa dengan akan memulai pelaksanaan sidang isbat terpadu di bebarapa lokasi sebagaimana rencana awal, dan untuk temuan-temuan hatibinwasda, Amirudin Hinelo berjanji akan menindaklanjuti temuan-temuan hatibinwasda PTA Gorontalo. (Humas PA Suwawa)